Kamis, April 28, 2011

JEREMY BURGESS

Inilah tokoh idola gue... Mungkin sebagian orang ga kenal siapa dia, tapi dialah sosok dibalik suksesnya dua pembalap besar Michael Doohan dan Valentino Rossi. Yap! bener banget, dialah Jeremy Burgess. Lahir disebuah pertanian di Adelaide Hills pada tahun 1953. mungkin dia udah ditakdirin untuk jadi mekanik besar, karena dari kecil lingkungannya ga jauh dari yang namanya mesin (termasuk mesin jahit sampai mesin potong rumput loh hehehe..). Dulunya juga sempat menjadi pembalap (1972-1979), kemudian untuk memperpanjang karirnya, pada Februari 1980 memutuskan untuk mengunjungi Eropa untuk mengamati balap Grand Prix. 

Disinilah karir mekanik Burgess dimulai. Berawal dari seorang temannya bekerja di Suzuki Inggris, yang mencalonkan namanya untuk jadi mekanik di Texaco Heron Team Suzuki pada Beddington Lane di Croydon, London Selatan. Dari sanalah perjalanan karir mekanik Burgess berawal sampai sekarang, dan dialah yang melahirkan pembalap-pembalap besar yang telah mencetak rekor dan meraih ratusan kali podium, puncaknya pada saat ia menangani Valentino Rossi meraih tujuh gelar juara dunia (lima tahun berturut-turut 2001-2005).



"Lihatlah kembali melalui sejarah Sepeda Motor Grand Prix dan roadracing MotoGP, dan satu nama akan terus datang. Bukan pengendara, pikiran Anda, tetapi sekutu seorang pengendara paling-penting. Dari Mamola, untuk Gardner, untuk Doohan, Rossi, nama "Burgess" telah erat dikaitkan dengan beberapa pengendara olahraga terbaik. Dan apakah itu "Jerry" atau "Jeremy," kita bicarakan sama "Burgess." Dan itu karena dia menjadi salah satu orang paddock terbaik selama bertahun-tahun, banyak tim, dan banyak pengendara. Jeremy Burgess telah menjadi perlengkapan di GP dan MotoGP selama beberapa dekade, dan umur panjang dan kesuksesan jangka panjang memberikan dia perspektif yang unik." (superbike planet)



"But the one thing about Valentino is, he's not scared to ask. He wants to know. He has a great capacity to absorb information and to process information." (Jeremy Burgess)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar